Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PGRI Jateng Berhasil Mengamankan Pensiun Guru Usia 60 Tahun

BANJARNEGARA – Perjuangan PGRI Jawa Tengah (Jateng) dalam mengamankan hak-hak guru dan pensiun menjadi fokus dalam Sosialisasi Perjuangan dan Daspen yang diadakan di Gedung Guru PGRI Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu, 12 Agustus 2023. Dr Muhdi SH MHum, Ketua PGRI Jateng, memberikan pencerahan mengenai upaya besar yang dilakukan untuk mengubah kebijakan masa pensiun guru, sebuah kisah penuh perjuangan dan akhirnya meraih kemenangan.

Dalam acara tersebut, Dr Muhdi memaparkan bagaimana PGRI Jateng pernah menghadapi tantangan besar terkait dengan kasus pemakaaman usia pensiun guru. Ternyata, kasus ini tidak hanya didemo besar-besaran namun juga dihadapkan pada gugatan hukum yang tidak membuahkan hasil di pengadilan. Hal ini berkaitan dengan pemaksaan pensiun guru-guru di Kabupaten Purworejo pada usia 56 tahun, yang bertentangan dengan batas usia pensiun 60 tahun menurut undang-undang yang berlaku.

“Kita demo kalah. Kita gugat kalah. Akhirnya, kita tempuh cara lain, menggunakan konstitusi. Kita berhasil memasukkan ayat usia pensiun guru 60 tahun melalui jalur legislatif,” ungkap Dr Muhdi.

Dengan dukungan dari anggota DPD RI yang merupakan anggota PGRI saat itu, serta dibantu oleh legislator fraksi PKS DPR RI, almarhum Zubair Safawi, PGRI berhasil merumuskan ayat usia pensiun guru menjadi 60 tahun. Ini menjadi tonggak bersejarah dalam upaya memastikan masa pensiun yang adil bagi para guru.

Dr Muhdi menekankan peran penting dari konstitusi dalam menyelamatkan hak-hak guru. Ayat usia pensiun 60 tahun menjadi kunci keberhasilan dalam pertarungan ini, suatu perjuangan yang semula sulit dimenangkan tanpa adanya keterwakilan anggota PGRI di DPD RI.

“Kita beruntung karena saat itu ada 2 orang anggota DPD RI dan memiliki jejaring yang baik di DPD RI,” tambah Dr Muhdi.

Pengalaman ini menjadi pelajaran berharga bagi PGRI untuk memiliki perwakilan dalam wilayah legislasi. Karena statuta PGRI melarang anggota terlibat dalam politik, maka PGRI memilih jalur lain non-partai melalui jalur DPD RI.

Hadir dalam acara ini adalah tokoh-tokoh penting, termasuk Ketua Umum PB PGRI Prof Unifah Rosyidi, Ketua PGRI Jateng H Sakbani SPd MH, serta sejumlah pengurus dan anggota PGRI dari berbagai daerah. #PGRIJateng #PerjuanganPensiunGuru #DaspenPGRI #PendidikanMaju

Posting Komentar

0 Komentar