Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Meningkatkan Silaturahim: Pesan Kebijaksanaan dari Dr. H.A. Hasan Asy'ari

Pada acara Halal Bihalal keluarga besar PGRI Jawa tengah, Dr. H.A. Hasan Asy'ari, menyampaikan pesan yang penuh hikmah tentang arti sebenarnya dari silaturahim. Beliau memulai dengan mengingatkan pentingnya menjaga hubungan baik dengan sesama sebagai bagian dari meningkatkan kualitas diri. Beliau menyatakan:

"Tanda baik dan bagusnya seseorang adalah karena mampu meninggalkan sesuatu yang tidak bermakna."

Beliau juga menekankan bahwa silaturahim bukan hanya tentang menjalin hubungan dengan orang yang baik kepada kita, tetapi juga tentang berbuat baik kepada orang yang mungkin menjauh atau menyakiti kita. Beliau mengutip sebuah hadis yang mengatakan:

"Sambung silaturahim dengan orang yang sengaja putus dengan kamu, jabat tangan orang yang mencaci maki kamu."

Dr. H.A. Hasan Asy'ari menjelaskan bahwa silaturahim sejati adalah saat kita berusaha memperbaiki hubungan dengan orang yang mungkin menjauh dari kita. Hal ini sesuai dengan ajaran agama yang mengajarkan untuk menyambung kembali hubungan yang terputus, sebagaimana Allah subhanahu wa ta'ala adalah sumber segala hubungan.

Beliau juga menyinggung tentang pentingnya membersihkan hati setelah selesai menjalankan ibadah Ramadan. Menurutnya, ibadah Ramadan yang telah dilakukan dapat menghapus dosa kita kepada Allah, namun masih ada "riak-riak sosial" di antara kita yang perlu dibersihkan. Beliau menjelaskan:

"Ibadah Ramadan itu menghapuskan dosa kita dengan Allah subhanahu wa ta'ala. Itu artinya belum selesai semuanya. Tuntasnya adalah membersihkan riak-riak sosial di antara kita. Maka itulah yang disebut dengan kesucian."

Beliau mengajak para hadirin untuk mengambil manfaat dari forum-forum silaturahim seperti Halal Bihalal ini dengan melakukan "mudik spiritual" dan "mudik sosial", yaitu dengan cara meningkatkan hubungan baik dengan sesama dan membersihkan riak-riak sosial di antara kita.

Pesan moral dari ceramah Dr. H.A. Hasan Asy'ari ini sangat relevan dalam konteks kehidupan sehari-hari, di mana menjaga hubungan baik dengan sesama merupakan salah satu kunci untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dan penuh keberkahan. #Silaturahim #KualitasDiri #Kesucian ๐Ÿ™๐Ÿฝ๐Ÿค๐Ÿงน

Posting Komentar

0 Komentar