Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengembangan Profesi: Membangun Wajah Organisasi

SEMARANG – PGRI Jawa Tengah mengangkat program pengembangan profesi sebagai fondasi utama bagi eksistensi organisasi ini. Dengan tekad itu, PGRI Jawa Tengah secara konsisten merancang beragam kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi di kalangan guru dan tenaga kependidikan.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua PGRI Jawa Tengah, Dr Muhdi SH MHum, dalam acara Digital Academy Training dan Pelatihan Menulis-Editor Buku yang diselenggarakan oleh PGRI Kota Pemalang di Gedung Guru PGRI Pemalang, pada Selasa, 8 Agustus 2023.

“Pengembangan profesi merupakan fondasi bagi eksistensi organisasi ini, menjadi prioritas dalam program PGRI Jateng. Kami menyadari hal ini dengan sangat jelas, karena PGRI adalah wadah profesi. Acara ini adalah langkah ketiga yang kami selenggarakan dan nantinya akan diteruskan di daerah-daerah lain,” ungkap Dr Muhdi.

Lebih lanjut, Dr Muhdi menegaskan bahwa profesi guru saat ini perlu memperkuat penguasaan dalam ranah teknologi digital. Di era Revolusi Industri 4.0, sebagian besar aspek kehidupan manusia terikat erat dengan teknologi digital. Oleh karena itu, untuk tetap relevan dengan perkembangan zaman, guru harus senantiasa mengembangkan diri mengikuti dinamika peradaban.

“Zaman ini mewariskan kepada kita kecerdasan digital, yang terkait erat dengan kemampuan mengoperasikan alat-alat digital. Tidak mungkin seseorang bisa berhasil di era ini jika ia tidak memahami kemampuan digital,” tegas Dr Muhdi.

Namun, Dr Muhdi juga memberi catatan bahwa meskipun dalam Revolusi Industri 4.0 teknologi dan ilmu pengetahuan memegang peranan sentral, di era Revolusi Industri 5.0 yang akan datang, hal yang akan mengambil alih peranan utama adalah karakter dan nilai agama. “Di era Revolusi Industri 4.0, peranan sentral dipegang oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, di era Revolusi Industri 5.0, yang akan menjadi pemimpin peradaban adalah karakter dan nilai agama,” papar Dr Muhdi.

Tidak hanya itu, acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang, Dr Supaat MPd, perwakilan dari Kominfo PGRI Jateng, Dr Agus Wismanto MPd, Ketua PGRI Pemalang, Mualip MPd, serta segenap anggota dan pengurus PGRI Kabupaten Pemalang.

“Pengembangan Profesi: Membangun Wajah Organisasi” menjadi tonggak penting bagi PGRI Jawa Tengah dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pendidikan di wilayah ini. Dengan komitmen kuat terhadap pengembangan profesi, PGRI terus membuktikan perannya sebagai garda depan dalam menjawab tantangan pendidikan di era globalisasi. πŸ’ΌπŸ“šπŸ«

#PGRIJateng #PengembanganProfesi #PendidikanMaju

Posting Komentar

0 Komentar