Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bincang Ramadhan Bareng PGRI, Drs. H.M. Zunaedi, MpdI Bahas Tradisi Nyadran di Boyolali

BOYOLALI, Pada Selasa (4/4), PGRI Jawa Tengah mengadakan acara bincang Ramadhan di Boyolali yang dihadiri oleh para anggota PGRI dan masyarakat setempat. Acara ini menghadirkan Drs. H.M. Zunaedi, MpdI, Ketua Bidang Pembinaan Kerohanian dan Karakter Bangsa PGRI Kabupaten Boyolali, sebagai pembicara. Salah satu topik yang dibahas dalam acara tersebut adalah mengenai tradisi nyadran dan padusan yang dilakukan oleh masyarakat Boyolali dan sekitarnya dalam menyambut bulan Ramadhan.

Pak Zunaedi menjelaskan bahwa tradisi nyadran dan padusan dilakukan untuk menyucikan hati dan lahir batin agar siap menghadapi bulan suci Ramadhan. Masyarakat Boyolali dan sekitarnya biasanya berkunjung ke tempat-tempat objek wisata seperti Umbul Pengging, Umbul Tirtomarto, Umbul Sumsel, Desa Kebun Bimo, dan Umbul Tirtomulyo. Selain itu, masyarakat juga menyediakan makanan untuk menyambut tamu yang berkunjung.

Pak Zunaedi juga menjelaskan bahwa tradisi nyadran dan padusan sudah dipersiapkan sejak lama oleh masyarakat setempat. Mereka biasanya menabung dan mengumpulkan barang-barang untuk persiapan menyambut tamu. Beberapa rumah bahkan bisa menyambut hingga 300-500 tamu dalam satu hari.

Acara bincang Ramadhan ini juga membahas mengenai keutamaan bulan Ramadhan dan persiapan yang harus dilakukan oleh umat Muslim dalam menyambut bulan suci tersebut. Pak Zunaedi menekankan pentingnya persiapan fisik dan mental dalam menjalankan ibadah puasa.

"Tradisi nyadran dan padusan dilakukan untuk menyucikan hati dan lahir batin agar siap menghadapi bulan suci Ramadhan." - Drs. H.M. Zunaedi, MpdI, Ketua Bidang Pembinaan Kerohanian dan Karakter Bangsa Kabupaten Boyolali

Selain itu, PGRI juga mengajak masyarakat untuk saling berbagi dan membantu sesama selama bulan Ramadhan. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti berzakat, bersedekah, membantu fakir miskin, dan memberikan takjil kepada orang yang berbuka puasa.

Acara bincang Ramadhan ini diikuti oleh banyak anggota PGRI dan masyarakat setempat. Mereka sangat antusias dalam menyimak penjelasan dari Pak Zunaedi mengenai tradisi nyadran dan padusan serta persiapan menyambut bulan Ramadhan. Acara tersebut berlangsung dengan lancar dan sukses.

Dalam kesempatan tersebut, Pak Zunaedi juga menuturkan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bahkan Nabi Muhammad SAW sudah menyiapkan bekal untuk berbuka puasa sejak enam bulan sebelum kedatangan bulan Ramadhan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya bulan Ramadhan dalam kehidupan umat Muslim. 

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si., selaku ketua panitia bincang Ramadhan bareng PGRI Jawa Tengah menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah upaya untuk memeriahkan bulan Ramadhan melalui talkshow yang berisi kegiatan berbagi, tradisi agama seperti khotmil Quran, Tarawih, Qiyamul Lail, dan Istighosah, serta memperkenalkan kuliner khas bulan Ramadhan dan tempat wisata di Jawa Tengah.@Sapt

#Ramadhan #TradisiNyadran #Boyolali #MakananLokal #Persiapan #Silaturahmi #Berkunjung #Zakat #Bersedekah #Takjil #Tenong #Makam.

Posting Komentar

0 Komentar