Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PGRI Kajian Ramadhan dan Buka Bersama untuk Meningkatkan Kebersamaan dan Kecintaan pada Al-Qur'an

PGRI Kabupaten/Kota akan Melaksanakan Program Kegiatan Ramadhan dengan Target 1000 Khataman Al-Qur'an.

A. Kegiatan-kegiatan Utama
1. Gerakan 1000 Khotmil Qur’an
Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, PGRI Kabupaten/Kota akan melaksanakan program kegiatan ramadhan dengan target 1000 khataman Al-Qur'an. Kegiatan ini akan melibatkan seluruh cabang PGRI di Kabupaten/Kota yang ada dengan harapan dapat memperkuat tali silaturahmi dan meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur'an.

Setiap kabupaten/kota akan diberi amanah untuk melaksanakan 30 khataman Al-Qur'an dan membaginya ke masing-masing cabang PGRI yang ada di bawahnya. Waktu pelaksanaan membaca Al-Qur'an adalah selama 25 hari sejak tanggal 1 Ramadhan sampai 25 Ramadhan. Khataman diadakan dua kali seminggu, yaitu pada hari Senin dan Kamis dan dijadwalkan per karesidenan.

Petugas acara khotmil qur'an akan diambil dari masing-masing anggota di tiap karesidenan yang telah dijadwal. Terdapat lima orang pembaca khotmil qur'an yang akan membaca secara bergantian dari surat Ad-Duha hingga An-Nas. Setelah selesai khotmil qur'an, dilanjutkan dengan kajian Ramadhan oleh penceramah yang telah ditugaskan oleh karesidenan.

Puncak agenda ngaji bareng PGRI Jawa Tengah adalah pelaksanaan Nuzulul Qur'an yang akan dilaksanakan secara kolaborasi dengan Universitas PGRI Semarang. Kegiatan tersebut akan meliputi khotmil qur'an, santunan dan pengajian. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur'an dan memperkuat silaturahmi antaranggota PGRI di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

2. Lomba Tilawatil Qur’an (Qiroah) antar Kabupaten/ Kota 
Dalam rangka mengisi amalan ibadah bulan ramadhan dan juga menjaring potensi para qori yang dimiliki oleh PGRI tingkat kabupaten/kota/provinsi, PGRI menyelenggarakan Lomba Tilawatil Qur'an. Lomba ini diadakan secara daring dan diawali dari tingkat kabupaten/kota selanjutnya tingkat provinsi.

Sistem lomba yang diadakan adalah dengan peserta mengirimkan video tilawatil qur'an di tingkat kabupaten. Kemudian hasil pemenang ditingkat kabupaten/kota videonya akan dikirimkan oleh kabupaten/kota untuk diikutkan tingkat di tingkat provinsi.

Ketentuan pemenang lomba tingkat kabupaten/kota menjadi wewenang kabupaten/kota dalam hal jenis juara dan penghargaan yang diberikan. Sedangkan ketentuan pemenang lomba tingkat provinsi menjadi wewenang provinsi dalam hal jenis juara dan penghargaan yang diberikan.

Baca selengkapnya di Petunjuk Teknis 

Lomba Tilawatil Qur'an ini menjadi ajang untuk memperlihatkan kemampuan para qori dan menjadi media untuk menjaring potensi-potensi terbaik dalam membaca dan memahami ayat-ayat suci Al-Qur'an. Lomba ini juga memberikan kesempatan bagi para qori untuk menunjukkan bakat mereka dalam membaca Al-Qur'an sekaligus mengisi amalan ibadah di bulan ramadhan.

Kami berharap dengan adanya Lomba Tilawatil Qur'an ini, para peserta dapat lebih mengenal, memahami dan mencintai Al-Qur'an serta menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dalam setiap aktivitasnya. Selain itu, PGRI juga berharap dapat menemukan bibit-bibit unggul dalam membaca Al-Qur'an yang nantinya dapat mengharumkan nama PGRI dan Indonesia di kancah internasional.

3. Kajian Ramadhan dan Buka Bersama masing-masing Kabupaten/ Kota
Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, PGRI cabang kabupaten/kota/provinsi akan mengadakan program kegiatan kajian menjelang berbuka bersama minimal satu bulan sekali. Kegiatan ini akan diikuti oleh pengurus dan anggota masing-masing cabang PGRI.

Selain itu, dalam acara buka bersama tersebut juga akan diadakan acara santunan dan buka bersama dengan anak yatim untuk memberikan rasa kebahagiaan dan kebersamaan di bulan yang penuh berkah ini. Sebelum acara buka bersama dimulai, akan dilakukan kajian ramadhan menjelang buka bersama agar peserta bisa memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai makna dan hikmah puasa. Kajian tersebut akan diberikan oleh narasumber yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang keagamaan.

Program kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara pengurus dan anggota PGRI serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT di bulan suci Ramadhan. Diharapkan melalui kegiatan ini, peserta dapat memperoleh manfaat yang berarti dan mendapatkan keberkahan di bulan suci Ramadhan.

B. Kegiatan Pendukung
1. Bincang Ramadhan Bareng PGRI
Program kegiatan Ramadhan yang diadakan oleh PGRI Jawa Tengah adalah Bincang Ramadhan Bareng PGRI yang dilaksanakan dalam bentuk live talkshow dengan teknik daring melalui platform Zoom. Program ini akan diselenggarakan setiap hari Senin hingga Jumat selama bulan Ramadhan dengan durasi kurang lebih 15 menit per sesi dan jam pelaksanaannya pada pukul 13.13 hingga 13.45 WIB.

Program ini akan melibatkan seluruh anggota PGRI Jawa Tengah yang tersebar di 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah. Pada setiap hari Senin hingga Kamis, akan dilakukan talkshow dengan 2 wilayah yang berbeda, sementara pada hari Jumat akan dilakukan talkshow dengan 1 wilayah.

Baca selengkapnya di Bincang Ramadhan Bareng PGRI

Jadwal pelaksanaan talkshow di setiap wilayah di Jawa Tengah adalah sebagai berikut:
Tanggal 24 Maret: 1 kabupaten/kota
Tanggal 27-31 Maret: 9 kabupaten/kota
Tanggal 3-6 April: 8 kabupaten/kota
Tanggal 10-14 April: 9 kabupaten/kota
Tanggal 17-20 April: 8 kabupaten/kota

Program Bincang Ramadhan Bareng PGRI ini bertujuan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan memberikan refleksi bersama tentang makna Ramadhan serta nilai-nilai keagamaan yang terkandung di dalamnya. Melalui program ini, diharapkan seluruh anggota PGRI Jawa Tengah dapat lebih merenungkan makna Ramadhan dan memperkuat keimanan serta ketakwaannya kepada Allah SWT.

2. Peringatan Nuzulul Qur'an
Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, PGRI Jawa Tengah mengadakan program kegiatan bernama "Ngaji Bareng PGRI Jateng". Acara ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota PGRI Jawa Tengah serta masyarakat umum, khususnya dalam mempelajari dan memahami Al-Qur'an.

Puncak agenda dari program kegiatan ini adalah pelaksanaan Nuzulul Qur'an kolaborasi dengan Universitas PGRI Semarang. Acara ini akan dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan seperti khotmil Qur'an, santunan, dan pengajian akbar. Khotmil Qur'an dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan terhadap para peserta yang telah menyelesaikan membaca Al-Qur'an secara tuntas.

Selain itu, kegiatan santunan juga dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu di sekitar wilayah PGRI Jawa Tengah. Kegiatan pengajian akbar juga diadakan sebagai sarana untuk memperdalam pemahaman mengenai ajaran agama Islam, khususnya terkait Al-Qur'an.

Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi antara anggota PGRI Jawa Tengah dan masyarakat umum dalam memperdalam pemahaman Al-Qur'an. Dengan demikian, diharapkan program kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat dan kegiatan keagamaan di wilayah Jawa Tengah secara keseluruhan. @Sapt

Posting Komentar

0 Komentar