Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PGRI Jateng Mengadakan Acara Bincang Ramadhan Bareng Suratman

WONOSOBO - Pada hari Kamis (30/3), PGRI Jawa Tengah mengadakan acara bincang Ramadhan Bareng dengan Suratman, S.Pd., MM.Pd. sebagai ketua PGRI Kabupaten Wonosobo. Dalam acara tersebut, Suratman memulai dengan menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan pada seluruh anggota PGRI serta mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan dalam acara tersebut.

Suratman lalu menjelaskan bahwa Wonosobo merupakan kabupaten kecil di lereng gunung dengan suhu yang dingin. Tradisi masyarakat muslim di Wonosobo dalam menyambut bulan suci Ramadan dimulai sejak bulan Sya'ban. Pada bulan tersebut, masyarakat muslim di Wonosobo menyambut dengan gembira dan senang karena itu bulan yang penuh berkah.

Dalam rangka menyambut bulan Ramadan, masyarakat Wonosobo melakukan beberapa kegiatan, tidak hanya kegiatan keagamaan, tetapi juga kegiatan seni. Biasanya di bulan Sya'ban, ada acara penutupan yang melibatkan seni asli Wonosobo seperti Lengger, penari dan penyanyi asli Wonosobo. Selain itu, ada juga acara tutupan dengan pengajian dan khotmil Quran untuk daerah-daerah yang lebih agamis.

Selama bulan Ramadan, masyarakat Wonosobo memiliki kebiasaan ngabuburit, yaitu berburu kuliner-kuliner yang banyak di masing-masing kampung di daerah-daerah strategis seperti pasar kaget kuliner. Pada saat Idul Fitri, biasanya diadakan takbir keliling dan kembang api di alun-alun sebagai puncak kegembiraan menyambut Idul Fitri.

Acara tersebut juga mengajukan pertanyaan mengenai tips untuk menjaga kesehatan selama bulan suci Ramadan. Suratman menyatakan bahwa persiapan dalam menyambut bulan Ramadan harus dilakukan secara menyeluruh, baik dari segi fisik maupun mental. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadan adalah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi, melakukan olahraga ringan setiap hari, serta memperbanyak istirahat dan tidur yang cukup.

"Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan pada seluruh anggota PGRI serta mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan dalam acara tersebut." - Suratman, S.Pd., MM.Pd.

Dalam acara tersebut, Suratman juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara bincang Ramadhan Bareng PGRI tersebut. Acara ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mempersiapkan diri menghadapi bulan suci Ramadan dan memberikan inspirasi bagi masyarakat dalam mengisi waktu selama bulan Ramadan. 

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si., selaku ketua panitia bincang Ramadhan bareng PGRI Jawa Tengah menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah upaya untuk memeriahkan bulan Ramadhan melalui talkshow yang berisi kegiatan berbagi, tradisi agama seperti khotmil Quran, Tarawih, Qiyamul Lail, dan Istighosah, serta memperkenalkan kuliner khas bulan Ramadhan dan tempat wisata di Jawa Tengah.@Sapt


#PGRIWonosobo #BincangRamadhan #RamadanBarengSuratman #WonosoboTradisiRamadan

Posting Komentar

0 Komentar