Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Prof Rhenald Kasali: Mencetak Generasi Mahasiswa Berkualitas dengan Mental Kewirausahaan

SEMARANG - Prof Rhenald Kasali, seorang ahli pengembangan program kewirausahaan, berbicara tentang tantangan yang dihadapinya ketika mengembangkan program tersebut di berbagai kampus ternama di Indonesia. Dalam Upacara Peringatan Dies Natalis ke-42 Universitas PGRI Semarang, Prof Rhenald Kasali membagikan pengalamannya dalam menghadapi Dewan Guru Besar yang menolak dan menertawakan program kewirausahaan yang diausungnya.

"Saat saya datang ke kampus-kampus, Dewan Guru Besar dari perguruan tinggi terkenal semuanya menertawakan dan semua 'mengata-ngatai'," ungkap Prof Rhenald Kasali.

Terkait hal ini, Prof Rhenald menjelaskan bahwa ada perbedaan cita-cita antara guru besar dan mahasiswa. Guru besar cenderung memiliki cita-cita untuk mencapai posisi akademis yang tinggi, sementara para mahasiswa yang dididik oleh mereka memiliki harapan untuk bekerja, membantu keluarga, dan menghasilkan pendapatan dalam kehidupan nyata.

"Mereka cita-citanya menjadi guru besar. Tapi murid-murid kita, mahasiswa kita, adalah bisa menolong keluarga, bisa bekerja, bisa menghasilkan pendapatan, bisa menyelamatkan ekonomi, dan untuk itulah mereka harus memiliki mental kewirausahaan," tegas Prof Rhenald Kasali.

Setelah Dewan Guru Besar menyadari pentingnya kewirausahaan dalam pengembangan mahasiswa, muncul tantangan baru yaitu keterbatasan dosen yang menguasai bidang ini. Oleh karena itu, program untuk mencetak dosen-dosen yang akan mengajar kewirausahaan di kampus-kampus pun dimulai.

"Masalahnya, ini sama dengan dosen psikologi yang tidak pernah melihat manusia. Yaitu mengajar kewirausahaan tetapi tidak pernah berwirausaha. Maka dosen kewirausahaan saya katakan harus mulai belajar berwirausaha," jelas Prof Rhenald Kasali.

Dia menekankan pentingnya perubahan mindset dan cara berpikir dalam kewirausahaan.

"Siapapun yang memiliki reputasi yang baik, yang terkenal, pasti akan dikejar uang. Maka kewirausahaan itu tidak semata-mata kewirausahaan, tapi peristiwa mengubah cara berpikir, mengubah mindset," tandasnya.

Prof Rhenald Kasali berharap melalui program kewirausahaan yang tepat, mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan kehidupan nyata dan memiliki kontribusi yang positif dalam mengembangkan perekonomian Indonesia.

Dengan pengetahuan dan pandangan yang dimilikinya, Prof Rhenald Kasali menjadi motivator bagi para mahasiswa untuk memiliki mental kewirausahaan yang kuat. Pengalamannya dalam menghadapi Dewan Guru Besar menjadi inspirasi bagi pengembangan program kewirausahaan di kampus-kampus di seluruh Indonesia. πŸ’ΌπŸ’‘πŸ“š #Kewirausahaan #MentalMahasiswa #PendidikanBerkualitas

Posting Komentar

0 Komentar