Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sebanyak 13.729 orang Anggota Daspen PGRI Menerima Santunan Pensiun

"Daspen" PGRI adalah Unit kerja yang berada dibawah Yayasan Dana Setiakawan Guru Jawa Tengah yang kegiatannya menghimpun iuran dana setiakawan anggota untuk kemudian disalurkan sebagai santunan kepada anggota lain yang pensiun atau meninggal dunia. Kegiatan ini diatur berdasarkan AD/ART Daspen PGRI Jawa Tengah.

Jumlah anggota Daspen PGRI yang menerima Santunan Pensiun pada tahun 2022 sebanyak 13.729 orang, atau rata-rata 1.144 orang setiap bulan. Sedangkan anggota yang meninggal pada tahun 2022 sejumlah 1.104 orang. Dan kepada ahli waris atau keluarganya diberikan santunan duka/tali asih rata-rata 92 orang setiap bulan. Demikian diungkapkan Ketua Yayasan Dana Setiakawan Guru Jawa Tengah, H Sakbani S.Pd, MH saat menyampaikan laporan pada acara pemeriksaan Daspen semester 2 tahun 2022 di kantor PGRI Jateng, Sabtu (4/02/2023).

Dijelaskan oleh Sakbani, bahwa berdasarkan Rapat Tahunan Yayasan Dana Setiakawan Guru Jawa Tengah tahun 2020, terhitung sejak bulan Januari 2021 katagori sebagai perhitungan besarnya sumbangan bantuan kepada anggota yang pensiun mengalami perubahan dari semula 4 katagori menjadi 3 katagori.

Pemeriksaan Daspen dan Yayasan Dana Setiakawan Guru Jawa Tengah semester 2 tahun 2022 ini dilakukan oleh Badan Pengawas yang terdiri para pengawas dan pemeriksa perwakilan dari 6 eks Karesidenan se Jawa Tengah. Hasil pemeriksaan ini nantinya menjadi bahan Laporan tahunan yang akan disampaikan kepada seluruh Pengurus PGRI Kabupaten/kota sebagai pengelola dan penanggung jawab kegiatan di wilayah masing-masing.

Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah selaku Pembina Yayasan Dana Setiakawan Guru Jawa Tengah, Dr. Muhdi, SH, MHum mengapresiasi pengelolaan Daspen PGRI yang sangat tertib, disiplin, transparan dan akuntabel.

"Pengelolaan data keanggotaan serta sistem administrasi dan keuangan Daspen berbasis IT ini sangat luar biasa", ungkapnya.

Terkait banyaknya anggota yang pensiun selama ini Muhdi nengingatkan agar diimbangi dengan upaya penambahan anggota baru.

"Pengangkatan satu juta guru-guru P3K se Indonesia dan untuk Jawa Tengah ada100 ribu lebih harus bisa menjadi anggota PGRI dan anggota Daspen PGRI", harap Dr. Muhdi. (Pur)

Posting Komentar

0 Komentar