Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bantu Guru Membuat Aksi Nyata PMM, PGRI SLCC Jateng Gelar Workshop ClassPoint

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar dan berkarya. Dan ini merupakan upaya untuk menunjang optimalisasi penerapan kurikulum merdeka. Di era kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini guru dituntut mampu mencipta gaya mengajar baru yang lebih efektif dan sesuai dengan gaya belajar siswa, serta tuntutan kebutuhan dan kemajuan zaman. Demikian diungkapkan oleh Ketua PSLCC Jateng, Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd, M.Si saat mengawali kegiatan workshop ClassPoint yang diselenggarakan melalui zoom meeting dan Google Classroom, Kamis (29/12).

Dijelaskan, kegiatan ini diselenggarakannya untuk membantu guru-guru agar mampu membuat Aksi Nyata di PMM dan dapat memanfaatkan Class Point untuk pembelajaran sesuai gaya belajar siswa. Selain itu peserta juga akan mendapatkan Akun Pro satu bulan dan E-Sertifikcat 32 JP. Dan untuk memenuhi 32 JP tersebut, kegiatan dilaksanakan secara Asinkronous pada 29 Desember 2022 sd 12 Januari 2023 dengan pendampingan dan penyelesaian tugas. Serta Sinkronous dengan materi pendahuluan + Instalasi  29 Desember 2022, Classpoint Versi 1 pada 5 Januari 2023, dan demo classpoint versi 2 + karya PMM pada 12 Januari 2023.

“Ini adalah upaya nyata PGRI melakukan pendampingan bagi guru dalam membuat Aksi Nyata pada platform merdeka mengajar (PMM), guna mendukung proses pembelajaran melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi”, ujar Dr. Saptono Nugrohadi yang juga Wakil Sekretaris Umum PGRI Jateng ini menjelaskan.

Dijelaskan juga, bahwa jumlah pendaftar kegiatan ini ada 1.000 orang tetapi untuk efektivitas Workshop jumlah itu disaring menjadi 300 peserta saja. Mereka terdiri dari guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK dan dosen serta praktisi pendidikan yang lain.

Adapun Narasumber kegiatan ini adalah PSLCC Jateng, Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd, M.Si, Duta Rumah Belajar dan Trainer ClassPoint, Anita Sukarini, S.Pd dan Rosyidah, S.Pd. Dan Keynote Speaker Ketua Pengurus PGRI Provinsi Jawa Tengah, Dr. Muhdi, SH, M.Hum.

Pada kegiatan awal yang dilaksanakan pada Kamis, 29 Desember 2022 pukul 19.30 sampai 21.00 ini memperoleh tanggapan beragam dari peserta. Mereka menyatakan sudah baik, sangat menarik, luar biasa, classpoint ini sangat menarik sekali sehingga perlu lebih banyak lagi inovasi terbaru, sangat baik kalau bisa berbagi untuk semua guru di Indonesia, menambah pengalaman, sungguh luar biasa, sangat berguna, sebaiknya diselenggarakan pada malam minggu, pemaparan materi sangat jelas sehingga dapat langsung di praktekan, dan lain sebagainya. (pur)

Posting Komentar

0 Komentar